Kamis, 18 September 2014

Keunggulan dan Perkembangan Jurusan Hubungan Internasional

Profil Jurusan







Nama   : Hubungan Internasional
Alamat  : Gedung Kuliah Bersama (GKB) I Jl. Raya Tlogomas No.246 Malang 65144
Telepon : +62 341 464318 - 26 Ext.248
Fax  : +62 341 460435
Berdiri  : 2005
Laboratorium : Lab. Hubungan Internasional
Website : hi.umm.ac.id dan labhi.staff.umm.ac.id
Email : hi@umm.ac.id dan hi_lab@umm.ac.id





SEJARAH SINGKAT PRODI HUBUNGAN INTERNASIONAL

Pada tahun 2004 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang secara resmi membuka Jurusan Hubungan Internasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 467/D/T/2004 yang penyelenggaraannya dilaksanakan pada tahun akademik 2005/2006 dan memperoleh perpanjangan Ijin Penyelenggaraan dengan Surat Ditjend DIKTI No.3197/D/T/2007, kemudian Terakreditasi pada tahun 2008 dengan Surat Keputusan BAN-PT No.032/BAN-PT/Ak-XI/S1/XII/2008.    

Jurusan Hubungan Internasional UMM merupakan Jurusan termuda yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMM. Serta telah mencapai beberapa perkembangan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa fasilitas dan kerja sama yang telah dilakukan untuk lebih memudahkan proses pembelajaran mahasiswa, antara lain dengan Departemen Luar Negeri RI, CSIS Jakarta (Centre for Strategic and  International Studies), Biro Kerjasama Bagian Kerjasama Luar Negeri ,Pemerintah Propinsi Jawa Timur, dan lain-lain. Saat ini telah & sedang dikembangkan beberapa kelompok studi di jurusan Hubungan Internasional UMM ini, antara lain CEAS (Centre for East Asia Studies), CoMES (Center for Middle Eastern Studies) & CIS(Centre for Intermestic Studies)

Berpijak dari hal tersebut dan dalam rangka membawa UMM go international, maka kajian utama Jurusan HI difokuskan pada Studi Hubungan Internasional Asia dan perkembangan Islam di dunia internasional sebagai ciri khas institusi Perguruan Tinggi Islam. Jurusan HI UMM juga mempelajari Studi Kawasan Amerika, Eropa, Australia serta isu-isu seputar globalisasi, studi strategis, studi keamanan & resolusi konflik maupun studi internasional & domestik.

Visi

Menjadi Prodi Ilmu Hubungan Internasional yang berkarakter, berdaya saing dan unggul dalam studi hubungan internasional kajian Regionalisme dan Globalisasi  

Misi
 
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan yang didasarkan pada fenomena regionalisme dan globalisasi dalam kajian Hubungan Internasional
  2. Mengembakan penelitian berbasis keilmuan hubungan internasional terutama mengenai topik regionalisme dan globalisasi sebagai bentuk peran aktif dalam dinamika hubungan internasional
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat untuk mengaplikasikan pengetahuan, ketrampilan dan hasil penelitian untuk merespon dinamika hubungan internasional baik melalui penyelenggaraan kegiatan seminar, sosialisasi, dan pemberdayaan masyarakat serta kerjasama dengan berbagai instansi baik di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional.

Tujuan
 
Berdasarkan rumusan visi dan misi di atas, maka penyelenggaraan Program Studi Hubungan Internasional FISIP UMM adalah menghasilkan Sarjana Hubungan internasional yang memiliki kemampuan : 
  1. Memahami konsep-konsep dasar, teori dan metodologi hubungan internasional terutama dalam kajian regionalisme dan globalisasi
  2. Menjelaskan konsep-konsep dasar, teori dan metodologi hubungan internasional terutama dalam kajian regionalisme dan globalisasi. 
  3. Mengaplikasikan konsep-konsep dasar, teori dan metodologi hubungan internasional terutama dalam kajian regionalisme dan globalisasi. 
  4. Melaksanakan penelitian dengan menggunakan/menerapkan teori dan metodologi hubungan internasional terutama dalam kajian regionalisme dan globalisasi.
  5. Membangun dan mengembangkan jaringan kerjasama baik intra maupun inter institusi dalam rangka melakukan pengabdian/pemberdayaan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar