Kamis, 18 September 2014

Tips Dan Trik

Tips Dan Trik Menggunakan Blog

Etika berinternet

1. Perlakukan email secara pribadi
Email pada dasarnya adalah alat komunikasi profesional, maka jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda, maka jangan mengirim kembali informasi tadi ke forum umum, seperti : kelompok grup, atau mailing-list.

2. Jangan membicarakan orang lain.
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan - kejelakannya. Berhati - hatilah terhadap apa yang anda tulis. Email memiliki fasilitas bernama " forward ", yang mengizinkan si penerima akan meneruskan ke orang lain.

3. Jangan gunakan huruf Kapital.
Seperti halnya membaca surat atau surat kabar, membaca pesan email menggunakan huruf besar yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi disamping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak atau marah. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud anda.


4. Jangan terlalu banyak mengutip.
Hati - hati dalam melakukan balasan ( replay ). Fasilitas replay dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengetik pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam surat anda. Jika mengutip pesan seseorang dalam jawaban email, usahakan menghapus bagian -bagian yang tidak perlu, dan  hanya menjawab bagian - bagian yang relevan saja.

5. Jangan Gunakan CC.
Jika anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang ( Misalnya di mailing-list ), usahakan atau hindari mencantumkan nama - nama dalam baris CC. Jika anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima email anda, akan bisa melihat alamat -alamat email orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat emailnya dibeberkan di depan umum.Selalu gunakan BCC ( Blind Carbon Copy ). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat emailnya sendiri.

6. Jangan Gunakan Format HTML.
Jika anda mengrim sebuah pesan penting ke rekan anada, jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa program email rekan anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak pesan anada sama sekali tidak terbaca atau kosong, sebaiknya gunakan plain text.

7. Jawablah secara masuk akal.
Jawablah setiap pesan email secara masuk akal, jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi menjawab pesan email yang panjang lebar, dan anda menjawab dalam satu kata : " Good " wah, ini sangat menyebalkan .

8. Gunakan Singkatan yang sudah lazim digunakan, untuk efisiensi penggunaan kata.
Untuk efisiensi penggunaan kata, frase atau istilah By the Way ( = Ngomong -ngomong ) disingkat menjadi BTW. In my opinion ( = Menurut hemat saya ) disingkat IMO. Becase ( = karena ) disngkat menjadi 'coz'. Penggunaan kata sapa bahasa inggris misalnya how are you ?, bisa diganti menjadi how R U ? dan sebaianya.

sumber : Buku Panduan Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar